Minggu, 14 Oktober 2007

Apa itu Virtual Machine?

Dari kata-katanya kita jadi ingat judul-judul film yang menceritakan tentang sesuatu yang tampil begitu nyata namun sebenarnya merupakan bayangan belaka.

Kata "virtual" dikaitkan dengan kehadiran suatu entitas tidak secara fisik/langsung. Dalam dunia komputasi, entitas tersebut dapat berupa lingkungan yang mendukung kerja suatu perangkat lunak atau perangkat keras (fisik) yang menjadi medium kerja suatu perangkat lunak.

irtual machine semakin diperlukan karena semakin banyak aplikasi yang dibuat agar dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi maupun platform prosesor tanpa melakukan pengubahan kode pemrograman pada aplikasi tersebut, misalnya aplikasi yang berbasis web. Belum tentu pengakses aplikasi tersebut menggunakan sistem operasi atau prosesor yang sama. Untuk itu, diperlukan suatu perangkat lunak yang mampu menyediakan simulasi perangkat keras maupun lingkungan yang diperlukan oleh perangkat lunak untuk dapat berjalan layaknya di lingkungan aslinya. Aplikasi pendukung inilah yang disebut virtual machine.

Sebagaimana diketahui, sebelum diproses (dieksekusi) oleh prosesor, baris-baris kode pemrograman diubah ke dalam bahasa mesin (yang terdiri dari deretan bilangan 0 dan 1 yang disebut bit) oleh compiler. Virtual machine adalah perangkat lunak yang mengantarai prosesor dan compiler. Tugasnya adalah mengubah kode pemrograman menjadi kode bahasa mesin yang bersifat universal bagi semua prosesor, disebut bytecode.

ada tahap selanjutnya, compiler kedua yang disebut Just in Time compiler (JIT) bertugas menerjemahkan bytecode menjadi kode bahasa mesin yang spesifik bagi sistem operasi tertentu atau merk prosesor tertentu

Tidak ada komentar:

Saatnya anda Go - Blog sekarang Juga

Nah sahabat-sahabat ternyata benar apa kata Mas Agus Heri Prasetyo seorang Blogger ternama di Indonesia saat menyampaikan materinya di Webschool Islamiyah Sayang bahwa ternyata Meng-edit itu Sangat Menyenangkan, kagak percaya....... coba aja.

Dulu saya sangat gak ngerti, BT,pusing dan bingung lihat Script/HTML tapi setelah saya belajar banyak dengan Blogger Agus ternyata menyenangkan juga ngedit Script tehnya..... Bahkan sekarang saya banyak belajar membuat dan mengedit Script, adanya ya di Blogger....

Bagi kawan-kawan yang ingin belajar banyak bagaimana membuat Blogger ..ikuti pelatihannya, untuk informasinya bisa masuk ke alamat http://asepmuhsin.blogspot.com atau hubungi aja orangnya ke 08156309231 (mahasiswa D3 TKJ Vedca Cianjur)
Nah....Makanya dalam kesempatan ini saya mengajak sahabat-sahabat untuk belajar banyak dengan Mas Agus Heri Prasetyo secara Online, untuk itu saya tampilkan materi-materi yang dibutuhkan untuk menciptakan Blog dan Friendster kamu jadi OK Punya.....dan saya sudah link-kan materinya dengan Blognya....

Sebelum Lihat Materinya sebaiknya anda harus punya e-mail dulu sok daftar Gmail atawa Yahoo Klik Aja deh.
Kalau sudah silahkan masuk untuk daftar jadi Blogger dalam 3 langkah anda sudah bisa langsung posting ke Web anda Klik Disini untuk masuk Blogger. Nah sekarang sok......ngawitan perindah deh tuh Blog kamu....selamat Ber-Edit Ria



Diklat Weblogs Bersama Edittag



Recent Readers