Sabtu, 20 Oktober 2007

SUN Terus Dukung Open Source

CianjurTECHNO (20/10) Sun Microsystems mendayagunakan teknologi open source yang dimilikinya untuk memfasilitasi komunitas open source baik di global maupun di Indonesia. Perkembangan open source di dunia dan di Indonesia terbukti dapat mendorong lahirnya inovasi dan teknologi baru yang sangat bermanfaat bagi setiap negara.

Sejak lahirnya teknologi open source di dunia Informasi & Teknologi, Sun telah menyediakan berbagai platform teknologi yang dapat digunakan oleh komunitas open source seperti teknologi Java. Kehadiran teknologi Java menghasilkan perputaran ekonomi yang telah mencapai USD100 milyar pada tahun 2005. Di seluruh dunia terdapat sekitar 4,5 juta pengembang Java, 1 milyar Java card, 700 juta Java-powered personal computer, 708 juta Java-powered phone dan 2,5 milyar perangkat teknologi berbasis Java.

Sebagai kontributor terbesar untuk komunitas open source, Sun berbeda dengan vendor teknologi lain yang mengunci komunitas dengan model-model lisensi yang mahal. Sun telah membuka baris kode dari sistem operasi paling canggih di industri saat ini – Solaris 10 yang tersedia melalui OSI (Open Source Initiative) dan diakui oleh Common Development and Distribution Licence (CDDL). Hingga tahun 2007 telah terdapat lebih dari 7.1 juta lisensi Solaris 10 yang telah didistribusikan. Secara global, OpenSolaris memiliki lebih dari 18.000 anggota, 30 proyek penting komunitas, 25 user group di seluruh dunia, 250 kode yang didistribusikan dan 27.500 download.

Selain itu Sun telah meng-opensourcekan platform Java dan merilis baris kode di bawah lisensi GNU General Public License versi dua (GPLv2). Menurut laporan UNU-Merit untuk Komisi Eropa Economic impact of FLOSS on innovation and competitiveness of the EU ICT sector bulan Januari 2007, Sun menempati urutan pertama dalam kontribusi bagi Linux yaitu sebesar USD404 juta.

“Sun memiliki komitmen penuh untuk saling berbagi, mengembangkan open source, mensosialisasikan standar terbuka serta memperkecil kesenjangan teknologi. Kami memberdayagunakan komunitas open source melalui filosofi saling berbagi, kolaborasi, dan inovasi terbuka yang sejalan dengan The Participation Age (Era Semua Pihak Berpartisipasi) dari Sun. Hal ini mendorong komunitas open source untuk berkompetisi di dunia global dalam menciptakan inovasi baru yang dapat dinikmati oleh semua orang,” kata Wibisono Gumulya, Presiden Direktur PT Sun Microsystems Indonesia, di Jakarta kemarin malam.

Wibisono menambahkan bahwa Sun melihat minat yang begitu besar di kalangan komunitas open source Indonesia, terutama dalam penggunaan teknologi open source. Kontribusi terhadap komunitas ini adalah bentuk komitmen Sun dalam The Partipation Age. "Hal tersebut juga memperkokoh posisi Sun sebagai kontributor terbesar bagi komunitas open source,” tandasnya.

Komunitas open source yang didukung Sun di Indonesia antara lain OpenSolaris User Group (OSUG), Java User Group dan komunitas Netbeans. OSUG dibentuk pada bulan Maret 2006 sebagai community-based support dan komunitas mailing list untuk pengguna OpenSolaris, Sun OS/Solaris Family, dan semua distribusi open source yang berbasis OpenSolaris. Bertujuan untuk menyediakan wadah dalam berbagi ilmu dan update teknologi terkini bagi setiap anggotanya. Java User Group merupakan wadah bagi komunitas Java untuk berbagi masalah dan berusaha untuk memperkuat keunggulan Java dengan dengan menjadikannya sebagai pasar teknologi sendiri. Komunitas Netbeans adalah komunitas proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas dan terus berkembang. Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000 dan terus menjadi sponsor utama.

Sun optimis bahwa konsep saling berbagi dan bekerja sama akan menghadirkan inovasi yang mendorong komunitas open source di seluruh dunia berkembang pesat

Tidak ada komentar:

Saatnya anda Go - Blog sekarang Juga

Nah sahabat-sahabat ternyata benar apa kata Mas Agus Heri Prasetyo seorang Blogger ternama di Indonesia saat menyampaikan materinya di Webschool Islamiyah Sayang bahwa ternyata Meng-edit itu Sangat Menyenangkan, kagak percaya....... coba aja.

Dulu saya sangat gak ngerti, BT,pusing dan bingung lihat Script/HTML tapi setelah saya belajar banyak dengan Blogger Agus ternyata menyenangkan juga ngedit Script tehnya..... Bahkan sekarang saya banyak belajar membuat dan mengedit Script, adanya ya di Blogger....

Bagi kawan-kawan yang ingin belajar banyak bagaimana membuat Blogger ..ikuti pelatihannya, untuk informasinya bisa masuk ke alamat http://asepmuhsin.blogspot.com atau hubungi aja orangnya ke 08156309231 (mahasiswa D3 TKJ Vedca Cianjur)
Nah....Makanya dalam kesempatan ini saya mengajak sahabat-sahabat untuk belajar banyak dengan Mas Agus Heri Prasetyo secara Online, untuk itu saya tampilkan materi-materi yang dibutuhkan untuk menciptakan Blog dan Friendster kamu jadi OK Punya.....dan saya sudah link-kan materinya dengan Blognya....

Sebelum Lihat Materinya sebaiknya anda harus punya e-mail dulu sok daftar Gmail atawa Yahoo Klik Aja deh.
Kalau sudah silahkan masuk untuk daftar jadi Blogger dalam 3 langkah anda sudah bisa langsung posting ke Web anda Klik Disini untuk masuk Blogger. Nah sekarang sok......ngawitan perindah deh tuh Blog kamu....selamat Ber-Edit Ria



Diklat Weblogs Bersama Edittag



Recent Readers